Cucunya Mbah Gugel

Setahuku tentang mbah Google

Tips copy-paste agar tetap disukai mbah Google

Posted by Mbah Gugel pada 22 Februari 2010

Mbah Google senang dengan isi blog (kontent blog) yang segar, baru, asli. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengkopy paste (menjiplak) agar postinganmu tetap disukai (bisa diindeks dengan baik) di mesin pencari Google.
1) Jangan isi blogmu dengan 100 persen konten jiplakan. Selingi dengan tulisan karya sendiri. Karena pengunjung situsmu tidak akan datang lagi berkunjung. “Mending baca DetikCom, karena isi blog ini semuanya dijiplak dari Detik.”
2) Ganti judul artikel yang dijiplak. Jika harus mengutip sebuah artikel secara lengkap mulai awal hingga alinea terakhir, gantilah judulnya. Cara ini sedikit membantu indeks artikelmu di mesin pencari Google.
3) Ubah beberapa alinea dengan bahasamu sendiri. Agar postingan artikel kita tidak dianggap Google sebagai double content, maka ubahlah sebagian artikel kutipan itu dengan kalimatmu sendiri. Aku juga sering memakai teknik ini jika sedang tidak sempat untuk mengubah semuanya dengan kalimatku sendiri. Atau yang paling sederhana: Buat paragraf pertama dengan kalimatmu sendiri sebagai pengantar, lalu tutup dengan paragraf terakhir juga dengan bahasamu sendiri.
4) Ubah semua/beberapa kalimat dengan kalimat sendiri, dijamin Google suka. Ini cara terbaik: Ubah semua konten yang kau kutip dengan kalimat atau gaya menulis pribadi, mulai judul hingga isinya. Pasti mesin pencari Google akan mengindeks postinganmu pada posisi yang cukup tinggi dengan kata kunci yang kau targetkan.
5) JANGAN LUPA, TETAP WAJIB MENJUNJUNG TINGGI ETIKA PENGUTIPAN, YAITU MENARUH LINK SUMBERNYA, agar penulis utamanya tidak kebakaran jenggot,meskipun hanya mengutip satu kalimat atau satu paragraf, tetap wajib membuat tautan ke artikel asli dari mana kau mengutipnya. Jangan cuma tulis misalnya, Sumber: Blog Si Anu, tanpa dibikin tautannya. Jangan sampai suatu saat si penulis konten tersebut mempermalukanmu di situs-situs lain, “Oiii! Inilah daftar blogger dan portal berita Indonesia yang suka mencuri konten Internet.”
INTINYA JANGAN MEMPUBLISH POSTINGANMU DENGAN JIPLAKAN UTUH DARI SUMBERNYA, APALAGI TIDAK MENARUH LINK SUMBERNYA. SUNGGUH TERLALU kan?. 😆
Klik sumber inspirasi tulisan.

22 Tanggapan to “Tips copy-paste agar tetap disukai mbah Google”

  1. sedjatee said

    iya Mbah.. thanks infonya Mbah…
    tetap semangat menulis…
    salam kenal, semoga selalu sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  2. A.J.I said

    benar sekali mbah gugel tipsnya memang masuk logika hehhe,…jadi sedikit kesindir neh blogku banyak copas khusus berita2 internet tapi tetap ada nama sumbernya dan kalau hasil karya orang lain seperti artikel pribadi pasti saya cantumkan sumber dan link blognya

  3. ususpanjang said

    wahhh sah sah saja toh mas cara seperti ini? baiklah kembali bersemangat 😀

  4. Tempat Mariska hampir semuanya ngopas mbah. Tapi yaitu, kuusahakan agar ada link sumbernya.

  5. makasih tipsnya mbah

  6. wahyu said

    saya juga pernah ngutip. tapi kadang g tau masuk gugel apa gak,soalnya kalah sama situs2 berita 😀

  7. Hana said

    Sip mantap. Tips seo yang oke

  8. Vulkanis said

    Mantap nih infonya

  9. Aldy said

    Sudah seharusnya mbah, kalau kita mengutip konten dari blog lain, harus menyebutkan sumbernya.

  10. kyaine said

    mmg jauh lbh baik membuat tulisan a la diri sendiri mskpn ide atau gagasannya sama.

  11. Usup Supriyadi said

    top deh mbah nih :mrgreen:

  12. intan said

    halo mbah gemblung, oke? :mrgreen:

Tinggalkan komentar